Awal bulan november ini, saya beserta
teman-teman dan di dampingi oleh dosen kami selaku mata kuliah pemasaran pariwisata, Bapak Udiyana, menyempatkan
diri mengunjungi Trans Studio Bandung . Tujuan mendatangi Trans Studio Bandung
yaitu untuk melakukan observasi serta mempelajari cara marketing dan pemasaran
Trans Studio Bandung kepada masyarakat.
Berikut ini adalah hasil observasi dari kelompok kami:
Tentang Trans
Studio Bandung:
Trans Studio Bandung theme park adalah taman bermain di dalam ruangan terbesar di dunia dengan luas 4,2 hektar, yang dikelola oleh Trans Corp dibawah naungan CT crop (Cairul Tanjung). Trans Studio Bandung adalah taman bermain di dalam ruangan kedua yang dibangun untuk menyusul kesuksesan Trans Studio Makassar yang dibangun pada tahun tahun 2009. Wahana yang disajikan diberi nama sesuai dengan program-program yang ada di Trans TV ataupun Trans7. Trans studio Bandung memiliki tema “from TV to Reality”
. Corporate
activities :Trans Studio Bandung theme park adalah taman bermain di dalam ruangan terbesar di dunia dengan luas 4,2 hektar, yang dikelola oleh Trans Corp dibawah naungan CT crop (Cairul Tanjung). Trans Studio Bandung adalah taman bermain di dalam ruangan kedua yang dibangun untuk menyusul kesuksesan Trans Studio Makassar yang dibangun pada tahun tahun 2009. Wahana yang disajikan diberi nama sesuai dengan program-program yang ada di Trans TV ataupun Trans7. Trans studio Bandung memiliki tema “from TV to Reality”
Trans Studio Bandung memiliki venue city trans theater dengan kapasitas 500 orang dan amphitheater dengan kapasitas 2000 orang yang dilengkapi dengan fasilitas LED, Lighting
Ø
Team building
Ø
Employee gathering
Ø
Family gathering
Ø
Gala dinner
Di TSB ini
bisa juga dipakai untuk birthday party, fun day, inaguration, dll
Marcomm TSB
mempunyai tugas yaitu Mengkomunikasikan/mempromosikan :
Ø
Keberadaan TSB
Ø
Brand TSB
Ø
Keunggulan TSB
Target market
di TSB yaitu :
Ø
Youth/anak muda
Ø
Family
Ø
Human (ibu/orangtua)
Media
komunikasi yang dipakai untuk mempromosikan TSB yaitu :
Ø
Newspaper
Ø
Magazine
Ø
Radio
Ø
Email
Ø
Television
Ø
Social media
Ø
Direc sales
Ø
Outdoor media
Dan tidak
lupa, Trans studio Bandung juga memiliki motto “42” yang artinya 4 meter
senyum, 2 meter sapa J
Terdiri dari dua lantai
dan memiliki 20 wahana permainan yang fantastis, terbagi menjadi tiga zona,
yaitu :
1. Studio
central, kemegahan klasik ala hollywood New York
Ø Yamaha Racing Coaster
Ø Super Heroes 4D The
Rides
Ø Broadcast Museum
Ø Dunlop Trans Car
Racing
Ø Indosat Galaxy Vertigo
Ø Trans City Theatre
Ø Giant Swing
Ø Sibolang The Rides
Ø Science Center
Ø Dunia Anak
2. Lost
City, negeri para petualang yang haus tantangan
Ø Jelajah
Ø Kong Climb
Ø Sky Pirates
Ø Amphitheater
3. Magic
corner, kawasan sejuta keajaiban yang tiada habisnya
Ø Negeri Raksasa
Ø Black Heart's Pirate
Ship
Ø Dragon Riders
Ø Pulau Liliput
Ø Dunia Lain
Ø Special Effect Action
Show
Fasilitas
dan Sarana Trans Studio Bandung
Trans
Studio Bandung memiliki banyak fasiltas, selain fasilitas dan sarana bermain,
Trans Stusio ini juga terdapat banyak Cafe dan Resto untuk memudahkan para
pengunjung menikmati makanan yang dibuat langsung oleh karyawan Trans Studio
Bandung. Berikut adalah nama Café dan Resto yang tersedia:
1. The
Coffee
Bean & Tea Leaf
2. Baskin Robbins
3. Corvette Diner
4. Studio Kuring
5. Studio Mie
6. Studio Steak
Trans Studio Store:
1. 2 Store di Studio Central (Merchandise &
Candy)
2. 1 Store di Lost City
(Merchandise)
3. 1 Store di Magic
Corner (Merchandise)
Pertunjukan Utama (Main Show)
1.
Kabayan
Goes to Hollywood:
Drama musical yang
menceritakan tentang Kabayan.
2.
Legenda
Putra Mahkota:
Pertunjukan musikal
dengan berbagai macam efek khusus dan atraksi dari puluhan pemain yang sangat memukau.
3.
Special
Effect Action Show:
Pertunjukan
tentang rahasia di balik pembuatan film action. Pertama di Indonesia dengan
spesial efek ledakan di pompa bensin, atraksi tiang jatuh dan mobil terhempas.
4.
Petualangan
si Bolang & ZooCrew:
Petualangan
keliling Indonesia bersama Si Bolang dengan dilengkapi special effect dan
multimedia yang mempesona.
5.
The
New Parade and Laser Show:
Parade ini menampilkan
beberapa kendaraan dan puluhan peserta yang mengenakan kostum karakter. Parade
ini berlangsung kurang lebih selama 30 menit.
Observasi
Wahana Trans Studio Bandung
Setelah
di perkenalkan oleh bagian marketing dari Trans Studio Bandung, kami diberi
tugas untuk mengamati dan merasakan langsung berbagai wahana di Trans Studio
Bandung. Kebetulan kami mendapatkan wahana “ dragon riders “ berikut adalah
ulasan dari wahana tersebut:
Dragon Riders
Wahana ini mengajak wisatawan untuk
merasakan sensasi menunggangi naga ala ksatria yang dapat dilakukan sekeluarga, ataupun bersama
teman-teman.
Dragon Riders ini terletak di pojok Zona Magic Corner.
Dragon Riders ini merupakan wahana
di Trans Studio Bandung yang tidak terlalu ekstrem di banding wahana Indosat
Galaxy Vertigo dan Giant Swing.
Kesan-kesan dalam menaiki wahana
ini:
1. Wahana ini cukup memacu
adrenalin, karena wahana ini berputar dengan
arah naik turun, dan semakin lama wahana ini akan berputar semakin
tinggi, sensasinya sangat menarik karena membuat saya dan teman saya
teriak-teriak menaikinya hehe
2. Pengamanan di dalam wahana ini
pun cukup aman, karena terdapat penitipan barang
3. Penjaga di dalam wahana ini
cukup banyak, dan sangat teliti dalam memasang pengamanan sebelum wahana ini di
mulai.
- Trinia dan Wednesdy
0 komentar:
Posting Komentar