Pages

Labels

JKT12 TOUR AND TRAVEL. Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 23 Desember 2013

Bekasi

 Bekasi


Kota Bekasi merupakan salah satu kota yang terdapat di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini berada dalam lingkungan megapolitan Jabodetabek dan menjadi kota besar ke empat di Indonesia. Saat ini Kota Bekasi berkembang menjadi tempat tinggal kaum urban dan sentra industry.
Dari total luas wilayahnya, lebih dari 50% sudah menjadi kawasan efektif perkotaan dengan 90% kawasan perumahan, 4% kawasan industri, 3% kawasan perdagangan, dan sisanya untuk bangunan lainnya
§  Objek wisata
1. Taman Buaya Indonesia Jaya


Taman Buaya Indonesia Jaya terletak di pinggir jalan Cikarang – Cibarusah, Serang Baru, Bekasi. Selain melihat penangkaran buaya, juga ada pertunjukan atraksi buaya – manusia yang sangat menarik. 
2. Vihara Dharma Jaya

Vihara Dharma Jaya berada di Jalan Kalong, Kelurahan Bojong Rawa Lumbu, Kecamatan Rawa Lumbu, Bekasi.

3. Waterboom Lippo Cikarang

Wisata Waterboom ini terletak di dalam kawasan perumahan Lippo Cikarang, Cikarang,Bekasi.Satu-satunya wahana permainan air bersama keluarga yang terdapat di kawasan Lippo Cikarang. Letak Water Boom Lippo Cikarang tidak jauh dari pintu tol cikarang, jadi darimanapun anda jikamelalui tol cikampek keluarlah dari pintu tol cikarang .Water Boom Cikarang didesign khusus sebagai Taman Rekreasi Air Kelas Dunia dengan konsep nuansa alam Bali yang eksotis.






4. Bumi Perkemahan Karang Kitri


Wisata alam Bumi Perkemahan Karang Kitri merupakan bumi perkemahan alam di Desa Karang Mulya, Bojong Manggu, Bekasi, dengan panorama yang indah.
 5. Gedung Juang 45


Wisata bersejarah Gedung Juang 45 adalah museum dan perpustakaan yang terletak di Jl. Sultan Hasanuddin, Kecamatan Tambun Selatan, Bekasi.

6. Kelenteng Hok Lay Kiong

 Kelenteng Hok Lay Kiong bisa anda temukan di Jalan Kenari 1, Kelurahan Margahayu Bekasi Timur, yang telah berusia antara 300 – 400 tahun. Kelenteng Hok Lay Kion berarti istana pembawa berkah.



7. Pantai Muara Beting


Pantai Muara Beting terletak di Desa Pantai Bahagia, Muara Gembong, dengan hutan bakau dimana banyak burung yang bermigrasi dari Laut China Selatan dan Laut Pasifik antara September – Februari, ada lutung dan buaya jenis rawa.

8. Situ Gede



Tempat berlibur yang cukup indah Situ Gede ini terletak di Rawalumbu yang belum dikembangkan. Kondisi alam di sekitarnya masih asri dengan pepohonan produktif dan udara yang cukup sejuk.
9. Saung Ranggon


Wisata Saung Ranggon ini terletak di Desa Cikedokan, Cikarang Barat, Bekasi, yang mana tempat wisata ini pertama kalinya dibangun oleh Pangeran Rangga yang adalah keturunan Pangeran Jayakarta.

10. Pantai Muara Gembong


Wisata bertajuk Pantai yang dijuluki dengan nama Pantai Muara Gembong berada di Desa Pantai Sederhana, Muaragembong, 40 km dari tol Cikarang. Selain hutan bakau, pesisir pantai penuh dengan tambak ikan dan udang milik warga. Kondisi jalanan masih belum memadai. 
Ditambah dengan kawasan industry yang sekarang banyak diminati sebagai kunjungan wisata pendidikan seperti di daerah cikarang bekasi yang merupakan pusat industri di bekasi ini sendiri.

§  Kebudayaan & Kesenian
Sulit menetapkan kesenian Kola Bekasi. Pasalnya, warga Kota Bekasi saat percampuran antara budaya Betawi, Jakarta dan budaya Sunda, Jawa Barat. Pasalnya, kebanyakan warga Kota Bekasi berasal dari Jakarta. Sedangkan, daerah itu sendiri masuk Jawa Barat yang masuk teritorial tanah Sunda.
Tapi, nyatanya kesenian Kota Bekasi lebih dekat dengan kesenian khas Jakarta. Pasalnya, Budaya Betawi warga Kota Bekasi masih sangat dekat dengan budaya Betawi.
 Sejak Kerajaan Pasundan, 2 Jawara Adu Kemahiran Silat, Kota Bekasi rajinmenginventarisir kesenian asli daerahnya. Setelah kesenian Topeng, kini satu lagi kesenian khas Kota Patriot itu akan dipopulerkan. Yakni kesenian Ujungan.
Kesenian Ujungan yaitu kesenian dengan memukul betis dan tulang kering, dengan memanfaatkan lull aren, seorang pemain Ujungan langsung meloncat-loncat dengan bergaya lucu. Ditambah lagi dengan laga kocak pemain Ujangan ini membuat penonton terpingka-pingkal. 

§  Kuliner
Kalau ditanya soal makanan khas dari Bekasi, jawabnya susah – susah gampang. Hal ini karena Bekasi berada di lokasi tengah – tengah, dengan sedikit pengaruh Sunda dan Jakarta.
Ini juga terlihat jelas di Kuliner yang menjadi khas Kota Bekasi. Rata – rata makanan Khas Bekasi ada kesamaan dengan Jakarta dan daerah Pasundan, misalnya Kue Geplak, Dodol dan Sagon yang juga ada di Jakarta. Lalu Rengginang dan kue duit (semacam kerupuk dari terigu) yang juga ada di wilayah Pasundan.
Mungkin yang benar – benar dapat dikatakan makanan Khas Bekasi adalah Sayur Gabus Pucung yaitu sayur ikan gabus yang berwarna hitam pekat dari pucung (kluwak) yang biasa dikenal sebagai bumbu rawon. Jika rawon menggunakan daging, sayur gabus pucung menggunakan ikan gabus. Sekilas tampilan kuahnya mirip dengan rawon.
Dibawah merupakan gambar
1) Sayur Gabus Pucung.


2) Kue Akar Kelapa



Nama             : Kiagus Fhirly Laeliyansyah
No reg             : 4423126865



0 komentar:

Posting Komentar