Pages

Labels

JKT12 TOUR AND TRAVEL. Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 03 November 2013

Sumedang

Sumedang
Sumedang adalah kota di Jawa Barat yang terletak sekitar 35km arah timur laut Bandung. Kota ini begitu dikenal dengan jajanan andalannya tahu Bungkeng, karena memiliki rasa berbeda dari tahu-tahu dari daerah lain.
Tapi, tahu Bungkeng bukan satu-satunya yang menjadikan Sumedang daerah wisata menarik. Salah satu kawasan yang populer di Sumedang adalah Cadas Pangeran, yaitu jalanan yang menghubungkan Sumedang dengan Bandung yang memiliki kelokan tajam dan curam.



Selain terkenal dengan tahunya yang enak, ternyata ada potensi lain dari Sumedang yakni batik. Walau tidak seterkenal batik Jawa Barat lainnya seperti batik Cirebon dan batik Garut, Sumedang memiliki sumber daya manusia yang cukup unggul di bidangnya masing-masing. Saat ini memang sedikit sulit untuk menemukan batik Sumedang karena pengrajinnya sudah semakin jarang ditemukan. Batik khas Sumedang yang digali dari warisan budaya yang hidup di Sumedang menjadi ciri dari batik khas Sumedang.
         

Batik Sumedang Motif Mahkota Binokasih     


Batik Sumedang Motif Kuda Renggong
         


Batik Sumedang Motif Kereta Nagapaksi           


Batik Sumedang Motif Daun Boled


         
Batik Sumedang Motif Lingga              


Batik Sumedang Motif Kuda Renggong dan Mahkota Binokasih





ATRAKSI BUDAYA
KUDA RENGGONG / KUDA PENCAK

Koda renggong merupakan seni pertunjukan tradisional yang sangat populer di kabupaten Sumedang. Atraksi ini berupa pertunjukan dimana seekor kuda yang terlatih melakukan gerakan menari dan berjalan mengikuti hentakan musik tradisional sunda yang disebut kendang pencak.

Seekor kuda dilatih dengan baik untuk membuat gerakan seperti menari atau kadang juga melakukan gerakan seperti berkelahi melawan pelatihnya dengan gaya pencak silat. Oleh sebab itulah pertunjukan ini juga sering disebut dengan pertunjukan kuda pencak.

Mulai tahun 1910 hingga sekarang kuda renggong secara tradisional sering dipertontonkan pada acara khitanan / sunatan. Sebelum seorang anak dikhitan, sang anak diarak mengelilingi kota di atas punggung kuda renggong diikuti oleh anggota keluarga dan kerabat dekat yang ikut menari di depanya dan berkeliling dari satu desa ke desa lainya.






Potensi Wisata Budaya di Kabupaten Sumedang



Lokasi objek wisatanya adalah:
-Upacara adat Ngalaksa

Upacara adat Ngalaksa adalah sejenis upacara membawa padi ke lumbung, rengkong adalah sebuah gandar untuk membawa beras yang berlubang.

-Museum Prabu Geusan Ulun

Museum Prabu Geusan Ulun terletak di Kompleks Pendopo Kabupaten Sumedang terletak di pusat Kota Sumedang.

-Mesjid Besar Tegal Kalong

Masjid Besar Tegal Kalong terletak di Jalan HajiSuleiman di wilayah Kampung Kaum, Kelurahan Talun, Sumedang Selatan. Lokasinya berada di Jalan Haji Suleiman di wilayah Kampung Kaum, Kelurahan Talun, Sumedang Selatan.

-Makam Dayeuh Luhur

Lokasinya berada di Desa Dayeuh Luhur.


-Makam Embah Jayaperkasa

Embah Jayaperkasa adalah patih dari Prabu Geusan Ulun. Beliau tokoh yang cukup penting dalam masa peralihan kekusaan Kerajaan Sunda-Pajajaran ke Kerajaan Sumedanglarang. Lokasinya adalah Desa Dayeuh Luhur.

-Makam Tjut Nya Dien

Tjut Nya Dien adalah tokoh nasional pejruangan rakyat Aceh yang menentang kolonialisme yang dilakukan oleh Belanda di Indonesia.

-Monumen Lingga

Di tengah-tengah alun-alun Kota Sumedang terdapat monumen yang disebut Monumen Lingga. Alun-alun tersebut tidak ubahnya taman di tengah kota.

-Pesarean Gede

Situs Pesarean Gede/Gunung Ciung terletak di Kampung Pesarean, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Sumedang Selatan. Letaknya yang di tengah Kota Sumedang menjadikan situs ini mudah untuk dikunjungi dengan kendaraan roda dua dan empat.

-Bangreng

Tari ini merupakan pengembangan dari seni "Terbang" dan "Ronggeng", yang menggunakan Terbang (semacam rebana tetapi besarnya tiga kali lipat dari alat rebana).

-Alat Musik Jentreng

Jentreng adalah sejenis alat musik kecapi dengan jumlah dawai tujuh buah. Ukurannya jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan kacapi pada umumnya. Terbuat dari kayu kembang (kenanga) atau kayu nangka.

-Genggong

Kesenian Genggong yang terdapat di Kabupaten Sumedang diambil dari sebuah nama Rawa Genggong (Ranca Genggong) yang apabila di injak-injak akan bergoyang.

-Tari Sampiung

Tari Sampiung yang dipertunjukkan sebagai kelengkapan upacara hari-hari penting seperti Seren Taun, Pesta Panen, Ngaruat, Rebo Wekasan, bahkan pada hari raya kenegaraan seperti pada perayaan Ulang Tahun Kemerdekaan RI.

Sumedang juga memiliki sejumlah hotel yang bisa kamu pilih sebagai akomodasi selama berkunjung di kota Sumedang.

Resort dan Tempat Liburan Keluarga Terbaik di Sumedang
Kampung Toga adalah kawasan pariwisata terpadu yang terdiri dari berbagai fasilitas rekreasi dalam nuansa tradisional Jawa Barat. Terletak di daerah perbukitan, 2 kilometer dari pusat kota Sumedang, menawarkan pemandangan indah dan udara segar dari Parahyangan. Tersedia 20 villa dalam berbagai jenis yang berbeda. Dilengkapi dengan kolam renang, restoran, ruang pertemuan dan fasilitas outbound.
Waktu check-in standar
14:00 - * Waktu check-in dari plan mempunyai prioritas lebih besar
Waktu check-out standar
- 13:00 * Waktu check-out dari plan mempunyai prioritas lebih besar.

Informasi Akses
Kampung Toga berjarak hanya 20 menit berkendara dari pusat Sumedang, 15 menit berkendara dari pusat perbelanjaan dan bisnis.
Fasilitas Parkir
Fasilitas parkir gratis.





Villa Anis dibangun dalam arsitektur tradisional Jawa Barat, memberikan suasana yang santai dan nyaman, tempat yang sempurna bagi Anda yang mencari ketenangan. Kamar yang luas ini memiliki ruang tamu yang terpisah, 1 kamar tidur dan 1 Kamar mandi pribadi. Dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap untuk memenuhi semua kebutuhan Anda.
Fitur Villa:
- Lemari pakaian
- Area tempat duduk
- Televisi
- Air panas
[ Tinjauan rencana ]
Harga termsuk sarapan harian




Villa Kenanga dibangun dalam arsitektur tradisional Jawa Barat, memberikan suasana yang santai dan nyaman, tempat yang sempurna bagi Anda yang mencari ketengan. Kamar yang luas ini memiliki ruang tamu yang terpisah, 1 kamar tidur dan 1 kamar mandi dan teras pribadi. Dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap untuk memenuhi semua kebutuhan Anda.

Fitur Villa:

- Lemari pakaian
- Tempat duduk
- Televisi
- Air panas
[ Tinjauan rencana ]
Harga termsuk sarapan harian




Villa Merpati dibangun dalam arsitektur tradisional Jawa Barat, memberikan suasana yang santai dan nyaman, tempat yang sempurna bagi Anda yang mencari ketengan. Kamar yang luas ini memiliki ruang tamu yang terpisah, 1 kamar tidur dan 1 kamar mandi, teras pribadi dan dapur. Dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap untuk memenuhi semua kebutuhan Anda.

Fitur Villa:

- Lemari pakaian
- Tempat duduk
- Televisi
- Kulkas
- Air panas
[ Tinjauan rencana ]
Harga termsuk sarapan harian




Villa Cemara dibangun dalam arsitektur tradisional Jawa Barat, memberikan suasana yang santai dan nyaman, tempat yang sempurna bagi Anda yang mencari ketengan. Kamar yang luas ini memiliki ruang tamu yang terpisah, 6 kamar tidur dan 4 kamar mandi, kolam renang pribadi, ruang tamu yang terpisah, teras pribadi dan dapur. Dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap untuk memenuhi semua kebutuhan Anda.
Fitur Villa:

- Lemari pakaian
- Tempat duduk
- Televisi
- Kulkas
- Air panas
[ Tinjauan rencana ]
Harga termsuk sarapan harian




Villa Ayudia 1 dibangun dalam arsitektur tradisional Jawa Barat, memberikan suasana yang santai dan nyaman, tempat yang sempurna bagi Anda yang mencari ketengan. Kamar yang luas ini memiliki ruang tamu yang terpisah, 3 kamar tidur dan 4 kamar mandi, teras pribadi dan dapur. Dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap untuk memenuhi semua kebutuhan Anda.

Fitur Villa:

- Lemari pakaian
- Tempat duduk
- Televisi
- Kulkas
[ Tinjauan rencana ]
Harga termsuk sarapan harian


Okke Dwi Putri

0 komentar:

Posting Komentar