Pages

Labels

JKT12 TOUR AND TRAVEL. Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 03 November 2013

Kabupaten Bogor

iKabupaten bogor
Kabupaten Bogor adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Cibinong. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Tangerang (Banten), Kota Depok, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi di utara. Kabupaten Karawang di timur, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi di selatan, serta Kabupaten Lebak (Banten) di barat. Kabupaten Bogor terdiri atas 40 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan di Kecamatan Cibinong.
Kabupaten Bogor secara garis besar terdiri atas tiga wilayah dan 40 kecamatan. Kecamatan-kecamatan tersebut dibagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan Kabupaten Bogor terletak di Kecamatan Cibinong, yang berada di sebelah utara Kota Bogor. Untuk Nama Resmi Kabupaten Bogor Wilayah Timur. Lebih Banyak menggunakan Nama Cibubur.
Kabupaten Bogor dilintasi jalan tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi). Jalan tol ini adalah jalur wisata utama dari Jakarta menuju Bandung. Jalur ini melewati rute Jalan Tol Jagorawi-Puncak-Cianjur-Bandung. Jalur Ciawi-Puncak merupakan salah satu yang terpadat pada musim libur, karena kawasan tersebut merupakan tempat berlibur warga Jakarta dan sekitarnya.
Apabila jalur wisata utama tersebut macet, yang biasanya terjadi pada hari-hari libur, maka dapat menggunakan rute alternatif melewati Cibubur-Cileungsi-Jonggol-Cariu-Cianjur-Bandung.
Untuk angkutan kereta api, terdapat jalur KRL Jakarta-Bogor, dimana jalur kerata api ini berlanjut hingga ke Sukabumi, Cianjur, dan akhirnya di Padalarang, jalur ini bersatu dengan jalur KA dari Cikampek yang kemudian akan menuju Bandung.









Bogor memiliki banyak objek wisata yang menarik. Mengunjungi kota Bogor memiliki berbagai kesan yang mendalam karena dari berbagai objek wisata yang ada di Bogor mempunyai nilai positif masing-masing. Berikut adalah objek wisata yang terdapat di Bogor:
Puncak Bogor
Jika Anda bosan dengan rutinitas sehari-hari dan berkelut dengan suasana kota yang pengap dan sibuk, cobalah melarikan diri ke tempat yang sejuk, hijau dan hening yang akan membuat Anda merasa segar, bahagia dan santai. Untuk mendapatkan suasana damai ini, Anda tidak perlu jauh-jauh, khususnya bagi Anda yang tinggal di ibu kota Jakarta yang sudah tidak diperbincangkan lagi bahwa Jakarta adalah kota yang penuh sesak. Di jalan menuju kota Bandung, terdapat alam elok nan permai, bertemankan suasana hening dan udara sejuk. Luasnya perkebunan teh yang dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda terhampar seperti karpet berwarna hijau. Karena suasananya yang permai inilah, maka mereka yang mempunyai penghasilan berlebih berlomba-lomba membangun villa sebagai tempa melepas penat.
Puncak adalah nama sebuah daerah wisata pegunungan yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur. Daerah ini sudah sangat terkenal baik bagi wisatawan domestik maupun wiasatawan mancanegara. Keindahannya bahkan membuat terpukau Presiden Soekarno sehingga ia membangun sebuah restoran untuk menikmati keindahan alam Puncak yang kemudian diberi nama Restoran Riung Gunung.
Selain pemadangannya yang elok, puncak juga menawarkan beberapa wisata yang patut Anda kunjungi antara lain: Taman Safari, Kebun Bunga, dan sebuah Masjid yang indah dengan arsitektur yang khas dan sederhana yaitu Masjid Atta’awun.
Akomodasi:
Terdapat banyak villa yang bisa Anda sewa di kawasan puncak bogor, hotel dan penginapan juga tersedia untuk tempat peraduan sementara Anda. Berikut ini beberapa hotel yang bisa Anda sambangi:
Permata Alam Hotel
Jl. Raya Puncak Km. 83 Cisarua-Bogor.
Tel. 0251-255447 / 254916

Safari Garden Hotel
Jl. Raya Puncak Km. 80 Cisarua-Bogor.
Tel. 0251-253000 / 253555




Kegiatan:
Puncak merupakan tempat di mana kita bisa melihat keindahan kota bogor terutama pada malam hari. Pada sore hari kita bisa bersantai sambil melihat sunset berwana jingga diupuk barat. Pada malam hari selain melihat kota bogor dari puncak, Anda juga bisa mampir di warung-warung pinggir jalan sambil menikmati beberapa makanan ditemani dinginnya angin yang membelai kulit. Puncak merupakan tempat di mana kita bisa melihat keindahan kota bogor terutama pada malam hari. Pada sore hari kita bisa bersantai sambil melihat sunset berwana jingga diupuk barat. Pada malam hari selain melihat kota bogor dari puncak, Anda juga bisa mampir di warung-warung pinggir jalan sambil menikmati beberapa makanan ditemani dinginnya angin yang membelai kulit.
Wisatawan juga dapat menyambangi Kebun Teh Gunung Mas, kawasan kebun teh ini sudah terkenal sejak dulu sebagai daerah penghasil teh utama di Jawa Barat. Kawasan ini dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara. Di tempat ini, Anda dapat melihat proses produksi teh dari pemetikan teh hingga menjadi daun teh kering siap konsumsi. Aktivitas berjalan kaki mengelilingi kebun teh ini merupakan pengalaman yang menyenangkan dan dapat merelaksasi suasana hati yang tegang dengan kesibukan sehari-hari di Jakarta. Saat yang paling menyenangkan adalah ketika saat panen daun teh telah tiba.
Kuliner:
Restoran Rindu Alam terletak di Puncak Pass. Berbagai sajian kuliner nusantaranya yang istimewa menjadi hidangan yang nikmat, di tengah dinginnya suhu di bagian tertinggi di kawasan Puncak ini. pemandangan alam yang indah akan semakin lengkap seraya ditemani oleh hangatnya muniman yang menghangatkan tubuh Anda.
Rumah Makan Dulang di Jl.Raya Puncak Tugu Km. 83,7 Bogor menu adalanya Gurami Terbang, Kangkung Terasi Hotplate, dan Sambal Dadakan.
Rumah Makan Mirasari berada di jalan Raya Puncak No. 238, Cibogo, Cipayung – Bogor  ini terkenal akan sajian Nasi Goreng Kencur-nya.
Rumah Makan Bumi Aki jalan Raya Ciloto, Puncak No. 59 terkenal dengan sajian satenya.




Taman Wisata Matahari



Menjelang akhir pekan adalah saatnya semua orang bersemangat untuk merencanakan liburannya. Tujuan wisata yang dipilih biasanya sesuai dengan minat masing-masing pribadi. Orang yang suka belanja biasanya akan pergi ke mall untuk berburu barang-barang belanjaannya. Yang memiliki anggaran lebih biasanya akan berburu barang belanjaan sampai ke luar negeri sambil melakukan perjalanan wisata. Bagi mereka yang menginginkan berwisata bersama keluarga ke obyek wisata yang dapat memenuhi kebutuhan wisata dan bermain serta berwisata edukasi, akan mencari tempat rekreasi yang mudah dijangkau dan murah seperti Taman Matahari Bogor. Taman Wisata Matahari adalah Taman wisata keluarga yang terletak dikawasan Puncak, Bogor. Taman Wisata Matahari sangat cocok untuk Wisata keluarga dan perusahaan dengan berbagai fasilitas.

Fasilitas:

1.      Fasilitas Penginapan
2.      Fasilitas Aula
3.      Fasilitas Permainan,
4.      Fasilitas Pemancingan Dengan fasilitas untuk mengadakan acara Gathering perusahaan, dan juga kegiatan outing method outbound.
5.      Lapangan kegiatan yang sangat luas
6.      Restoran
7.      Toilet
8.      Mushola
9.      Tempat membeli cendera mata
Harga Tiket Masuk:  Rp.15.000/Orang (umur 3 thn bayar penuh)





Taman wisata mekarsari
Taman Wisata Mekarsari merupakan taman eksotis yang mengkoleksi beragam jenis tanaman buah-buahan dari berbagai daerah di Indonesia. Letaknya ada di Jalan Raya Cileungsi-Jonggol Kabupaten Bogor. Bila dari Jakarta waktu tempuh untuk menuju ke tempat ini lebih kurang satu jam. PT Mekar Unggul Sari sebagai pengelola Taman Wisata Mekarsari menawarkan banyak program menarik dengan fasilitas yang komplit. Begitu berada di Taman Wisata yang luasnya mencapai 264 hektar ini, kita akan disuguhi bermacam jenis atraksi wisata.


Kunjungan bisa diawali berkeliling menggunakan kereta wisata untuk menyaksikan koleksi tanaman yang ada. Selama berkeliling kita akan melewati beberapa obyek-obyek menarik seperti, areal pembibitan, persemaian, areal rumah plastik, wahana outbound, kebun sayur, kolam pemancingan, tanaman buah dalam pot, kebun wisata melon, kebun salak, rambutan, jeruk, nangka, belimbing dan lain sebagainya.

Saat melewati kebun wisata melon, sebaiknya kita turun sejenak untuk melihat tanaman melon yang ada di dalam rumah plastik. Bila saat berkunjung tanaman melon sedang berbuah, kita bisa memetik melon langsung dari batangnya. Jenis melon yang tersedia cukup beragam, seperti melon golden light, jade flower, glamour, golden langkawi, dan renong. Setelah puas berkeliling dengan kereta wisata, kita bisa istirahat sejenak di bangunan air terjun. Bangunan ini cukup unik bila dilihat dari luar, karena dari atas gedung mengalir air ke bawah layaknya air terjun.

Buah Unggulan:

Taman Wisata Mekarsari saat ini sudah mengkoleksi ribuan tanaman dari beberapa jenis species. Selain buah yang ditanam sesuai dengan aslinya, ada juga tanaman buah yang merupakan hasil kreasi sendiri dari Laboratorium Mekarsari. Beberapa produk yang telah dihasilkan dari laboratorium ini telah berhasil menarik minat pengunjung, bahkan sudah menjadi produk unggulan. Sebut saja seperti nenas arnis, barbados cherry, jambu air irung petruk, jambu air toon klow, jambu air cengkih, nangkadak, cempeka dan pedakka.
Tiga jenis buah yang disebut terakhir adalah hasil persilangan antara cempedak dan nangka. Rasa dan aromanya sangat khas. Manis seperti cempedak namun bentuknya seperti nangka. Saat ini tanaman tersebut sedang dalam pengembangan. Bila tertarik untuk membeli bibitnya, bisa di dapat di Garden Center, tempat yang mengkhususkan menjual aneka bibit tanaman buah.

Paket Program Wisata:
Banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Mekarsari, mulai dari wisata petik buah, wisata mainan anak-anak, outbound sampai wisata pendidikan. Untuk mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut kita bisa memilih paket-paket yang telah disediakan oleh pengelola, seperti paket tur menanam, budidaya tanaman, tur berkebun, paket pelajar, paket perusahaan, perkemahan, outbound, kultur jaringan tanaman, paket hiburan dan masih banyak lagi. Semua paket-paket tersebut sengaja dibuat untuk memudahkan kita melakukan aktivitas selama berada di kebun buah tropis terbesar di dunia ini.



Bila Anda tertarik untuk mengunjungi Mekarsari, segeralah jadwalkan kunjungan Anda. Untuk lebih memberikan kenyamanan dan kepuasan, sebaiknya Anda konfirmasi terlebih dahulu melalui telepon, guna menda-patkan informasi yang cukup jelas mengenai fasilitas dan waktu yang tepat untuk berkunjung. Anda bisa menanyakan, tanaman apa saja yang sedang berbuah, karena tidak semua tanaman berbuah setiap saat secara bersamaan. Anda tentunya tidak mau kecewa dengan melihat tanaman yang ada di Mekarsari tanpa melihat buah-buah yang bergantungan.

Apalagi jika Anda berkunjung secara rombongan, tentunya harus konfirmasi terlebih dahulu agar saat berada di lokasi, Anda akan terasa lebih nyaman, dan yang pasti Anda bersama rombongan akan selalu dipandu oleh petugas lapangan sambil diberikan penjelasan tentang fasilitas yang ada.

Sarana Wisata:

Taman seluas 264 hektar ini dilengkapi dengan sarana wisata untuk wisatawan nusantara maupun mancanegara. Wisata di tengah taman buah didukung oleh berbagai wahana yang mendekatkan pengunjung kepada alam, di anataranya:

  • Family Garden
  • Rekreasi Danau (25 ha)
  • Baby Zoo
  • Rusa Tutul
  • Garden Center
  • Greenhouse Melon
  • Sabut Kelapa Outbound
  • Bunga Bangkai
  • Kids Fun Valley
  • Menara Pandang
  • Bangunan Air Terjun (Puri Tirto Sari)
  • Pongo Show

Kegiatan-kegiatan yang menjadi favorit pengunjung antara lain :
  • Company Gathering
  • Piknik Keluarga
  • Wisata Kebun Buah/Sayur
  • Barbeque
  • Senam Pagi
  • Fruitwalk (jalan-jalan di kebun buah)

Lokasi:
Taman wisata ini berlokasi di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Untuk menuju ke lokasi ini bisa dicapai dengan angkutan umum dari Jakarta, Bogor maupun Bekasi, jurusan yang menuju ke Jonggol.

Harga Tiket Masuk:
1.      Senin - Jum'at (Weekdays) adalah Rp. 15.000,- per orang (diatas usia 2 tahun).
2.      Sabtu - Minggu (Weekend), Libur Nasional, dan Public Holiday adalah Rp. 20.000,- per orang (diatas usia 2 tahun).

 Trinia Fauziah

0 komentar:

Posting Komentar